Tata Cara KRS

Hai, FEB Raya!

Wahh saat yang kita tunggu-tunggu bentar lagi nih! Bentar lagi kita mau KRS.Sudah tau KRS kapan? Yap, KRS akan dilaksanakan mulai pukul 20.00 WIB tanggal 16 Januari 2017 hingga tanggal 18 Januari 2017 pukul 20.00 WIB.

Sedangkan periode edit  KRS pada tanggal 23-25 Januari 2017.

 

Pada KRS kali ini ada sesuatu yang baru teman-teman, yaitu tersedianya “BOX” tambahan. Sebenarnya apa sih kegunaan BOX itu? BOX adalah wadah bagi mahasiswa yang:

1.Memberikan hak memilih dosen KRS pada pihak akademik.

2.Mengalami kehabisan kuota kelas yang dibutuhkan

3.BOX juga digunakan untuk menghitung kebutuhan kursi dalam sebuah mata kuliah.

Banyak mahasiswa yang bertanya-tanya apa yang berbeda dengan KRS semester ganjil ini. Perbedaan terletak pada penambahan kolom BOX dan penambahan kuota yang terjadwal.

Sebenarnya apa sih kegunaan BOX itu? BOX adalah wadah bagi mahasiswa yang:

  1. Memberikan hak memilih dosen KRS pada pihak akademik
  2. Mengalami kehabisan kuota kelas yang dibutuhkan

Sementara penambahan kuota yang terjadwal adalah waktu yang disepakati oleh semua kaprodi dan bagian akademik untuk melakukan penambahan kuota. Hal ini dilakukan agar mahasiswa tidak harus memantau SINTESIS selama 24 jam.

NB: Penambahan kuota yang terjadwal masih dalam perundingan.

29336

 

 

FAQ

Q: Kalau nilai aku banyak yang belum keluar gimana?

A: Kamu akan mendapat nilai maya bukan nilai pinjaman. Nilai maya adalah nilai yang secara system dianggap A, tetapi didalam KHS semester genap tidak akan muncul secara fisik. Selain itu IPK kamu akan tidak ditampilkan oleh system selama masa KRS. Nilai yang ditampilkan adalah IPS.

 

Q: Misal nilai asli tiba-tiba muncul gimana? Aku ambil 24 SKS, eh ternyata saat nilai asli muncul aku cuma bisa ambil 21 SKS?

A: Tergantung dari kapan nilai itu muncul. Kalau nilai itu muncul saat masa KRS maka SKS kamu akan dikurangi dan salah satu mata kuliah yang kamu ambil akan terlepas secara acak. Tetapi jika nilai asli muncul saat setelah masa KRS maka kamu dapat tetap menikmati 24 SKS (yang seharusnya tidak kamu dapatkan).

 

Q: Kapan aku harus milih BOX? Dan mengapa?

A: (1) Saat kamu kehabisan kelas di salah satu matkul di saat-saat kritis masa KRS. (2) Atau kamu ingin akademik memilihkan kelas untukmu. Saat masa KRS telah berakhir, akademik akan memilihkan kelas untukmu, entah sebelumnya akademik melakukan penambahan kuota/kelas.

 

Q: Apakah ada jaminan aku bakal dapet kelas saat aku milih BOX? Lalu apakah memilih BOX akan memakan SKS yang tersedia?

A: Tidak ada jaminan. Tetapi, apabila kamu semakin awal memilih BOX maka semakin tinggi kesempatanmu untuk mendapatkan kelas. Iya, memilih BOX akan mengurangi SKS yang kamu miliki.

 

Q: Kapan daftar BOX di olah oleh akademik dan kapan pengumumannya?

A: Di olah ketika masa KRS telah selesai. Dan diumumkan secepatnya paling lambat hari minggu tanggal 7 Agustus 2016.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *