STUDI BANDING 2017

BEM FEB UGM melalui program kerja Departemen Hubungan dan Diplomasi Eksternal menyelenggarakan Studi Banding pada tanggal 23 hingga 24 Juli 2017 ke Jakarta dan Bandung. Setelah abstain selama beberapa tahun, Studi Banding 2017 hadir dengan rangkaian acara yang terdiri dari Studi Visit ke BPK RI dan Bank Indonesia, dan Studi Banding Organisasi ke BEM UI dan KM ITB.

Peserta berangkat pada 23 Juli 2017 pukul 14.00 WIB dari FEB UGM, kemudian tiba di Universitas Indonesia pada 24 Juli 2017 pukul 09.00 WIB. Rombongan BEM FEB UGM disambut dengan hangat oleh BEM UI di Gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Ketua BEM Universitas Indonesia 2017, Muhammad Syaiful Mujab, mengungkapkan dalam sambutannya, bahwa meskipun berada pada tingkatan yang berbeda, BEM UI di tingkat universitas sedangkan BEM FEB UGM di tingkat fakultas, diharapkan kedua organisasi dapat tetap saling belajar mengenai manajemen organisasi. Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua BEM FEB UGM 2017, Ahmad Najmi Ramadhani, dan Dosen Pembimbing Studi Banding, Bapak Arief Surya Irawan. Dalam kunjungan ini, para ketua organisasi memaparkan profil dari masing-masing organisasinya sebelum kemudian diadakan focus group discussion untuk tiap-tiap departemen, biro, dan kementerian di area Perpustakaan UI.

 

Nanda Krisna Adi (Wakil Ketua BEM FEB UGM), MS Mujab (Ketua BEM UI), Pak Arief Surya Irawan (Dosen Pembimbing), Ahmad Najmi Ramadhani (Ketua BEM FEB UGM), dan Yoga (Wakil Ketua BEM UI)

Studi Visit kemudian berlanjut ke Gedung Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat. BEM FEB UGM beserta Dosen Pembimbing disambut oleh Kepala Biro Humas dan Kerjasama Internasional BPK RI, Bapak R Yudi Ramdan Budiman, di Museum BPK. Selain memberikan pengenalan sejarah BPK RI, Pak Yudi juga memberikan pesan bahwa penting untuk dapat mengkomunikasikan ilmu yang dimiliki agar dapat dimengerti oleh orang yang awam sekalipun, seperti yang dilakukan oleh BPK RI dalam menyebarkan informasi hasil-hasil laporan keuangan negara. Beliau berharap BEM FEB UGM dapat menjadi lembaga yang mampu menjelaskan dan menyederhanakan informasi yang rumit sekalipun sehingga dapat dipahami oleh khalayak umum. Setelah berkeliling Museum BPK RI, BEM FEB UGM mengikuti sesi mini talkshow dengan Ibu Etty Herawati, Kepala Direktorat Konsultasi Hukum dan Kepaniteraan Keuangan Negara BPK RI, terkait kelembagaan BPK RI.

Bapak R Yudi Ramdan Budiman, Kepala Biro Humas dan Kerjasama Internasional BPK RI, sedang memberikan penjelasan di depan Museum BPK RI

Pada 25 Juli 2017 pukul 09.00 WIB, rombongan BEM FEB UGM tiba di Bank Indonesia. Studi Visit di Bank Indonesia bertujuan untuk memperdalam wawasan pengurus BEM FEB UGM melalui tiga narasumbernya yakni Pak Danang, Bu Yuli, dan Bu Rahmi tentang kebanksentralan, inflation targeting framework, dan Program Sosial Bank Indonesia. Salah satu narasumber, Bu Yuli, yang memaparkan tentang inflation targeting framework, mengungkapkan optimisme bahwa sistem pengendalian inflasi Indonesia merupakan salah satu yang terbaik di dunia dengan rutin diadakannya forum koordinasi antara Bank Indonesia dengan Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Keuangan, juga bahwa Indonesia memiliki Tim Pengendali Inflasi Daerah dan Pusat. Kunjungan di Bank Indonesia berakhir pada tengah hari, kemudian perjalanan BEM FEB UGM berlanjut ke Bandung.

Destinasi terakhir Studi Banding 2017 BEM FEB UGM adalah Keluarga Mahasiswa Institut Teknologi Bandung (KM ITB) Kabinet Suarasa. Rombongan beserta Dosen Pembimbing BEM FEB UGM disambut di Amphiteater GKU Barat ITB. Presiden Mahasiswa KM ITB, Ardhi Rasy Wardhana, memberikan sambutan hangat kepada rombongan, kemudian memaparkan profil dari KM ITB. Sama seperti dengan BEM UI, di KM ITB juga diselenggarakan focus group discussion antar biro, departemen, dan kemenkoan yang berada pada lingkup bidang yang sama. Kunjungan ditutup dengan penyerahan plakat dari dan untuk masing-masing organisasi.

 

Penyerahan plakat oleh Sekjen KM ITB, M Fakhri Guniar, kepada Kepala Bidang Eksternal BEM FEB UGM, Herlin Puspita Kuarso.

Studi Banding 2017 berakhir dengan sampainya rombongan dengan selamat di FEB UGM ada 27 Juli 2017 pukul 04.00 WIB. Banyak pengalaman dan ilmu yang kami dapatkan dari kegiatan ini. Tak lupa, kami juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh organisasi dan lembaga negara yang telah menyambut kami dengan hangat.

Sampai jumpa!

(Anggit Budi Pawestri – Departemen Media Informasi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *