Palapa dan SIMFONI 2012

“Semangat Sumpah Palapa inilah alasan utama kami menamakan PPSMB UGM 2012 dengan nama agung, PALAPA. Semoga Gadjah Mada Muda bisa menyatukan Nusantara, memperbaiki Indonesia.”

(http://ppsmbpalapa.ugm.ac.id/filosofi-palapa)

_MG_9680

 

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada tahun ajaran baru 2012, mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) mengikuti kegiatan orientasi mahasiswa baru. Ada yang berbeda di tahun 2012 yaitu adanya kegiatan orientasi mahasiswa baru tingkat universitas yang diikuti seluruh mahasiswa baru UGM.

 

Kegiatan orientasi tingkat universitas dinamakan PALAPA dan kegiatan orientasi di FEB dinamakan SIMFONI (Sosialisasi dan Inisiasi Mahasiswa baru Fakultas Ekonomika dan Bisnis). Kegiatan orientasi mahasiswa berlangsung pada 30 Agustus-2 September 2012.

 

Hari I

Hari pertama merupakan masa orientasi mahasiswa baru tingkat universitas (PALAPA). Para mahasiswa dari seluruh fakultas di UGM berkumpul di lapangan depan Gedung Grha Sabha Pramana. Mereka dibentuk menjadi kelompok- kelompok yang di dalamnya tercampur mahasiswa dari berbagai fakultas. Acara diisi dengan pidato-pidato dan atraksi dari berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang menarik.

 

Di akhir acara, kelompok-kelompok mahasiswa yang sudah dibedakan menjadi kluster-kluster berwarna-warni, kemudian diatur sehingga menyerupai gambaran kepulauan di Indonesia. Mereka kemudian menari bersamasama tarian Sajojo. Tarian ini memecahkan rekor MURI sebagai tarian dengan peserta terbanyak di Indonesia.

 

Kegiatan PALAPA ini dirancang agar para mahasiswa dari berbagai jurusan maupun fakultas dapat lebih dekat dan saling mengenal. Selain itu, PALAPA juga berperan dalam penanaman nilai-nilai ke-Gadjah Mada-an kepada para mahasiswa baru.

 

Hari II

Hari kedua, mahasiswa baru FEB UGM mulai mengikuti SIMFONI. Seperti pada PALAPA, mahasiswa baru FEB UGM juga dikelompokkan dengan nama yang diambil dari nama-nama suku di Indonesia. Hari pertama SIMFONI ni diisi dengan perkenalan tentang kampus FEB UGM. Mahasiswa baru diajak berkeliling gedung-gedung yang ada di FEB UGM secara berkelompok dengan ditemani pemandu masing-masing. Banyaknya jumlah peserta SIMFONI membuat jalan sesak tetapi panitia SIMFONI dapat mengatur kelompok-kelompok tersebut sehingga dapat berjalan dengan teratur.

 

DSC_0211

Hari III

Ada yang menarik di hari ketiga masa orientasi atau hari kedua SIMFONI ini, yaitu adanya kedatangan Prof. Dr. Basu Swastha Dharmmesta, M.B.A., Ph.D. Beliau merupakan salah satu dosen FEB UGM yang ahli di bidang manajemen pemasaran sekaligus di bidang batik. Beliau menunjukkan beberapa hasil karyanya dan menerangkan proses pembuatan batik. Rasa penasaran dan kagum pun muncul di benak para mahasiswa baru.

Mereka kemudian mencoba membuat batik sendiri secara berkelompok dengan alat yang telah dipersiapkan oleh panitia. Lalu di sesi selanjutnya, ada adu yel-yel antarkelompok. Acara ini berlangsung seru karena para mahasiswa baru terlihat sangat semangat, tak mau kalah meneriakkan yelyel masing-masing.

 

Hari IV

Sebagai mahasiswa baru di Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM, jiwa wirausaha sangat penting ditumbuhkan di kalangan mahasiswa. Panitia SIMFONI merancang sebuah acara menarik bernama SIMONOFONIA. Acara ini dimaksud untuk mengajak para mahasiswa baru berpikir secara kreatif dan inovatif. Para peserta diajak seolah-olah menjadi pihak yang memiliki bisnis dan panitia merupakan konsumennya. Dengan antusias, mahasiswa baru membuat bermacam-macam barang yang unik. Mereka pun sangat bersemangat dalam menjual produknya ke

para konsumen.

 

Kegiatan SIMFONI ditutup dengan perkenalan dari para panitia yang cukup atraktif dan mengasyikan.

Namun, rangkaian kegiatan SIMFONI tidak hanya pada 3 hari itu saja. Ada lagi tugas bagi para mahasiswa baru, yakni Kampung Visit. Kampung Visit merupakan kegiatan kunjungan ke suatu daerah untuk melakukan kegiatankegiatan sosial yang bermanfaat.

 

Kegiatan ini dapat membangun kedekatan mahasiswa baru FEB dengan masyarakat di lingkungan luar FEB UGM. Mahasiswa baru juga dapat menjadi lebih peka kepada orang-orang di sekitar. Seluruh kegiatan orientasi baik PALAPA maupun SIMFONI menjadi bekal penting bagi mahasiswa baru. Nilai-nilai

yang coba ditanamkan melalui kegiatan ini akan dapat bermanfaat untuk menjalani kuliah dan mencapai kesuksesan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *