Open Recruitment BEM FEB UGM 2018

Oleh: Wisnu Wardhana

Departemen Media Informasi

Setelah turut memeriahkan Student Week yang salah satu acaranya adalah Orgamizational bazar. Kini mahasiswa baru FEB UGM dapat berkesempatan untuk menjadi bagian dalam organisasi tersebut salah satunya BEM FEB UGM. Open recruitment BEM FEB UGM telah dibuka mulai tanggal 20-29 Agustus 2018. Penanggung jawab kegiatan ini, Labib Irfan, menyebutkan bahwa open recruitment kali ini mengangkat tema “samudera” dengan gambar-gambar biota laut yang lucu pada tampilan posternya. Samudera yang luas memiliki harta dan potensi yang belum diketahui oleh banyak orang. Tema ini menyampaikan pesan bahwa kita sebagai mahasiswa dapat menemukan dan mengembangkan potensi yang ada di dalam diri dengan bergabung menjadi bagian dari keluarga besar BEM FEB UGM. “Dengan mengambil tema samudra, kami (pengurus BEM FEB UGM) berharap bahwa organisasi BEM FEB UGM dapat menjadi wadah bagi mahasiswa-mahasiswa FEB dalam menggali dan mengembangkan potensi-potensi yang mereka miliki,” ujarnya.

Foto: Luthfi Falaqi

Rangkaian acara open recruitment BEM FEB UGM terdiri dari tugas esai,  forum group discussion, training days dan wawancara. Terdapat tugas untuk membuat esai yang menceritakan tentang “Mengapa saya tidak perlu mendaftar BEM FEB UGM” yang dikumpulkan terakhir pada tanggal 30 Agustus 2018. Setiap pendaftar diwajibkan untuk mengumpulkan esai dalam bentuk hardcopy dan softcopy. Esai hardcopy dapat dikumpulkan saat technical meeting dan esai softcopy dapat dikirim pada http://ugm.id/essayoprec. Technical meeting yang dilaksanakan pada 30 Agustus 2018 ini bertujuan untuk memberikan penjelasan terkait rangkain proses seleksi open recruitment dari BEM FEB UGM.

Pada proses berikutnya terdapat forum group discussion (FGD) yang diadakan pada hari Minggu (2/9). FGD bertujuan untuk membuka kesempatan bagi adik-adik pendaftar untuk saling berbagi pemikiran dan saling berdiskusi. Seluruh pendaftar akan terbagi ke dalam kelompok-kelompok kecil dan akan disesuaikan dengan bidang yang dipilih. Mereka akan diberikan kesempatan untuk berdiskusi dan menyeleseikan suatu permasalahan sesuai dengan bidangnya masing-masing. Terdapat empat bidang dengan tema yang berbeda-beda. Pembagian tema FGD tersebut yaitu bidang biro dengan tema peran biro sebagai supporting system dalam organisasi, bidang sosial dan politik dengan tema pendidikan berkualitas, bidang kemahasiswaan dengan tema mobilisasi mahasiswa, dan bidang eksternal dengan tema cara bidang eksternal meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai masalah-masalah yang ada di sekitarnya.

Foto: Luthfi Falaqi

Pada tahap seleksi berikutnya yaitu training days yang diadakan angtara tanggal 3-8 September 2018. Kali ini pengurus BEM FEB UGM akan memberikantugas sekaligus memberikan pelatihan kepada pendaftar. Tahap ini bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi pendaftar untuk dapat belajar secara langsung dengan Kakak-kakak pengurus sesuai dengan biro/departemen yang dipilih. Kemudian pada tahap terakhir setiap pendaftar akan mengikuti wawancara yang diadakan pada hari Minggu (9/9). Pendaftar akan mengikuti wawancara sesuai dengan biro/departemen yang dipilih dan wawancar dengan pengurus inti (PI). Pengumuman hasil open recruitment BEM FEB UGM dapat dilihat dibawah ini. Anggota BEM FEB UGM yang diterima wajib mengikuti tahap berikutnya yaitu Credo dan School of BEM (SOB). Credo merupakan bagian penting dalam mengesahkan keanggotaannya sebagai pengurus BEM FEB UGM. Kemudian dilanjutkan dengan SOB sebagai pengenalan awal tentang BEM FEB UGM seperti nilai-nilai organisasi, visi dan misi organisasi. Hal tersebut bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai organisasi kepada anggota baru agar mereka siap menjadi pengurus BEM FEB UGM. Semoga BEM FEB UGM dapat menjadi wadah bagi anggota baru untuk mengembangkan diri, berkontribusi dan bermanfaat bagi Bangsa Indonesia.

Foto: Luthfi Falaqi

Pengumuman Hasil Open Recruitment BEM FEB UGM:

Biro Pengembangan Sumber Daya Manusia:

  1. Bernadetha Tiara Reviska P
  2. Prabawangsa Abdining Gusti
  3. Aurellia Vidya Octaviana C
  4. Inas Nirisna

Biro Keuangan:

  1. Michelle Florence Angeline M
  2. Hafizh Riffananda
  3. Elisa Divia Putri

Biro Kesekretariatan:

  1. Nastiti Nugraheni
  2. Kezia Aquiletta
  3. Arfananda Satria Pradana
  4. Hellen Safira Dimar Abidin

Departemen Minat dan Bakat:

  1. Haryo Tetuko Bimantoro
  2. Mauliddin Wisnu Munggaran
  3. Diffa Azadirachta Pradani
  4. Ellen Galuh Primurdia
  5. Fadia Normalita Sari

Departemen Keilmuan:

  1. Futy Ichiradinda Muslion
  2. Muhammad Arief Darmawan
  3. Aning Era Reformasi

Departemen Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa:

  1. Dea Mandasari
  2. Azzahra Choirunnisa Aurel S
  3. Safaatul Laili Savitri

Departemen Sosial Masyarakat:

  1. Ahmad Rosis Fanani
  2. Annita Puspita Sari
  3. Dea Ayu Fahrunnisya
  4. Insania Wahyu Nirwana
  5. Kevin Ramadhan

Departemen Media Informasi:

  1. Angelita T Gloria Immanuela
  2. Georgina Tassha Devi R
  3. Thalita Rahma Arista
  4. Mumtaz Mahfud
  5. Rasyika Fitria
  6. Satria Mukti Wibowo

Departemen Hubungan dan Diplomasi Eksternal:

  1. Skolastika Neta Stellawati
  2. Arya Teguh Rahardjo
  3. Firdausa Imtinani Amilia
  4. Benityo Maxwell Putra D
  5. Shina Aulia Hassanah
  6. Vern Calista

Pengawas Pengendali Internal:

  1. Reza Noor Falaq
  2. Shafira Jesse
  3. Mohamad Reski Waluya
  4. Kayandra Sadiyarto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *