Kampung Visit

kampung visit

Dalam rangka kegiatan orientasi mahasiswa baru FEB UGM (SIMFONI), diadakan sebuah kegiatan bernama Kampung Visit. Kegiatan ini berfokus pada bidang sosial kemasyarakatan. Hal ini dilakukan karena kegiatan orientasi di dalam kampus sebelumnya hanya sebatas internal antarmahasiswa saja. Dengan Kampung Visit ini, mahasiswa baru FEB UGM diajak untuk mengenal masyarakat yang ada di lingkungan luar UGM terutama daerah-daerah di wilayah Yogyakarta.

 

Dalam hal pendanaan Kampung Visit ini, panitia SIMFONI telah menyiapkan dana bagi tiap-tiap kelompok. Kampung Visit dilakukan secara berkelompok sesuai dengan kelompok saat kegiatan SIMFONI. Setiap kelompok bebas menentukan sendiri tempat di Yogyakarta yang ingin dijadikan sebagai lokasi Kampung Visit.

 

Tempat pelaksanaan kegiatan Kampung Visit yang dipilih bermacam-macam, mulai dari taman kanak-kanak, sekolah dasar, hingga desa. Kegiatan yang dilakukan tiap kelompok berbeda-beda menyesuaikan kebutuhan tempat masing-masing.

 

Misalnya untuk anak-anak TK yang masih dalam tahap bermain dan belajar mengenal, kegiatan yang dilakukan adalah permainan kelompok. Kegiatan ini bertujuan menanamkan nilai kerja sama tim (teamwork) dan belajar bagaimana berinteraksi dengan orang lain. Ada juga kegiatan berupa lomba menggambar dan mewarnai. Lain halnya di desa, banyak hal yang bisa dilakukan karena objeknya lebih bervariasi dari anak-anak, remaja, hingga orang tua.. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah penyuluhan tentang sampah untuk meningkatkan kesadaran warga tentang pentingnya membuang dan mendaur ulang sampah. Para warga juga diterangkan bagaimana pemisahan sampah, yang terdiri dari sampah organik dan nonorganik. Pemisahan sampah dapat bermanfaat agar daur ulang sampah menjadi lebih mudah.

 

Selain menggambar dan mewarnai, anak-anak dikenalkan dengan permainan-permainan tradisional yang sudah jarang dikenal oleh masyarakat sekarang. Misalnya yoyo, gasing dari kayu, lompat-lompatan, dan permainan tradisional lainnya. Masih banyak hal-hal lain yang dilakukan oleh masingmasing

kelompok. Hal-hal tersebut tentu dimaksudkan agar daerah yang dikunjungi bisa menjadi semakin baik. Dengan berpartisipasi dalam Kampung Visit, banyak hal yang didapatkan oleh mahasiswa baru FEB UGM.

 

Kampung Visit mampu meningkatkan rasa persaudaraan antarmahasiswa FEB UGM. Mahasiswa belajar bagaimana menjadi panitia dan penanggungjawab suatu acara. Manfaat lain yang didapatkan yaitu mahasiswa menjadi lebih peka dengan masyarakat di lingkungan sekitar luar UGM. Rasa sosial kemanusiaan dapat tumbuh dalam diri mahasiswa FEB UGM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *