Indonesia International Contribution Project Hiroshima University of Economics – Spring 2017

IICP HUE (Indonesia International Contribution Project Hiroshima University of Economics) merupakan proyek kerjasama berskala internasional antara FEB UGM melalui Departemen Hubungan dan Diplomasi Eksternal BEM FEB UGM dengan Hiroshima University of Economics. Proyek kerjasama ini dilaksanakan dalam bentuk kegiatan sosial untuk pengembangan produk tenun lurik dari Desa Mundon untuk diolah menjadi produk yang mengikuti zaman sehingga memiliki nilai jual yang lebih tinggi dan memiliki citra yang lebih baik di kalangan masyarakat luas. Selain itu, proyek ini juga dibentuk sebagai platform untuk pertukaran budaya antara mahasiswa Jepang dengan mahasiswa Indonesia.

Peserta IICP HUE terdiri dari mahasiswa FEB UGM dan Hiroshima University of Economics. Tahun ini, IICP HUE ini melakukan seleksi terbuka bagi mahasiswa aktif FEB UGM yang ingin berpartisipasi dalam IICP HUE ini.

IICP HUE ini dilaksanakan dua kali dalam setahun, yakni kedatangan pertama pada musim semi Jepang yang berlangsung dari bulan Februari-Maret dan kedatangan kedua ketika musim panas Jepang atau sekitar bulan September-Oktober. Untuk kedatangan pertama tahun ini, IICP HUE berlangsung sejak 23 Februari hingga 8 Maret 2017.

Tujuan utama dari IICP HUE meningkatkan kesejahteraan masyarakat pengrajin tenun lurik Desa Mundon. Selain itu, kegiatan ini juga bermaksud membuka mata masyarakat Indonesia terutama mahasiswa untuk lebih sadar akan hasil-hasil kebudayaan Indonesia. IICP HUE juga dibentuk demi membangun hubungan internasional yang baik antara Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada dengan Hiroshima University of Economics.

 

(Anggit Budi Pawestri – Departemen Media Informasi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *