FEB Mengajar

Kegiatan FEB Mengajar kembali diselenggarakan oleh Departemen Sosial Masyarakat BEM FEB UGM.

Melalui kegiatan ini, Departemen Sosial Masyarakat BEM FEB UGM berharap dapat terus berkontribusi aktif untuk Indonesia melalui dunia pendidikan secara terus menerus.

Hingga April 2019, FEB Mengajar telah diselenggarakan sebanyak dua kali. Pertemuan pertama dilaksanakan pada Sabtu (16/3) lalu dan pertemuan kedua berlangsung Sabtu (23/3) lalu.

Kegiatan ini bertempat di SD Negeri Sendangadi 2 Yogyakarta. Mengusung tema “Lingkunganku”, FEB Mengajar membawa misi mulia untuk menumbuhkan kepedulian anak-anak terhadap kondisi lingkungan sekitar.

-Sabtu, 16 Maret 2019-

Kegiatan FEB Mengajar diawali dengan briefing pengajar pada pukul 08.00 di lobby baru FEB UGM. Kegiatan dilanjutkan dengan perjalanan menuju SD Sendangadi 2 Yogyakarta pada pukul 09.00-09.30.

Setibanya di lokasi mengajar, pengajar melakukan perkenalan dengan siswa-siswi kelas 3 dan 4. Riuh ramai dan keceriaan anak-anak turut menghiasi sesi perkenalan ini.

Kegiatan dilanjutkan dengan memasuki acara inti. Ahmad Fauzi dan Rona Yuniar selaku MC memimpin jalannya kegiatan. Acara inti sesi pertama yaitu pengenalan urgensi isu lingkungan melalui media video yang dilanjutkan dengan kuis mengenai video tersebut. Pemutaran video dan kuis ini berlangsung pada pukul 10.10-10.25. Peserta didik sangat antusias dalam menonton video maupun menjawab pertanyaan kuis.

Sesi pertama ditutup dengan review dari pengajar serta ice breaking.

Acara inti sesi kedua yaitu kuis “ya” atau “tidak”. Berlangsung dalam konsep cerdas cermat berkelompok, siswa-siswi diharuskan berlomba untuk menjawab pertanyaan mengenai isu-isu lingkungan. Antusiasme peserta didik dalam mengikuti kuis sangatlah tinggi. Sorak sorai dan riuh ramai anak-anak mewarnai sesi kedua ini. Pemenang dari kuis ini diberi hadiah oleh pengajar. Kegiatan kuis dan pemberian hadiah ini berlangsung pukul 10.30-10.50.

Kegiatan selanjutnya yaitu penutupan.

Penutupan dilakukan dengan review materi hari ini, pembagian hadiah, pembacaan doa, dan foto bersama. Kegiatan FEB Mengajar (16/3) berakhir pada pukul 11.00. Setelah kegiatan berakhir, pengurus dan pengajar berkumpul untuk melakukan evaluasi serta membahas secara singkat kegiatan yang akan dilaksanakan untuk pertemuan selanjutnya. Secara keseluruhan, kegiatan FEB Mengajar pertemuan pertama ini berlangsung dengan baik dan lancar tanpa adanya suatu kendala yang berarti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *