Apa Kabar Tax Amnesty?

Oleh Silvia Hanna, staff Departemen Kajian Strategis BEM FEB UGM 2016

Masih ingatkah dengan kabar pengesahan pengampunan pajak atau tax amnesty di Indonesia?  Beberapa waktu yang lalu, masyarakat Indonesia cukup digemparkan dengan adanya kabar pemberlakuan sistem pengampunan pajak atau tax amnesty di Indonesia. Hampir seluruh media komunikasi, baik media cetak maupun media elektronik, berlomba-lomba untuk mencari informasi terbaru dan seaktual mungkin mengenai sistem pengampunan pajak. Lalu, apa kabar tax amnesty sekarang? Sudahkah sistem tersebut memberikan dampak yang berarti bagi Indonesia?

Amnesti Pajak disahkan hingga 31 Maret 2017. Amnesti pajak adalah program pengampunan yang diberikan oleh Pemerintah kepada Wajib Pajak meliputi penghapusan pajak yang seharusnya terutang, penghapusan sanksi administrasi perpajakan, serta penghapusan sanksi pidana di bidang perpajakan atas harta yang diperoleh pada tahun 2015 dan sebelumnya yang belum dilaporkan dalam Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) , dengan cara melunasi seluruh tunggakan pajak yang dimiliki dan membayar uang tebusan.

Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) memprediksi bahwa pendapatan negara bisa bertambah lewat kebijakan pengampunan pajak atau tax amnesty di 2017 dengan total mencapai Rp1.495,9 triliun. Namun, pada kenyataannya, jumlah harta dari hasil program pengampunan pajak hingga hari ini baru mencapai Rp42,6 triliun yang terbagi dari deklarasi dalam negeri sebesar Rp35,5 triliun, deklarasi luar negeri sebesar Rp5,56 triliun, dan repatriasi sebesar Rp1,45 triliun. Sementara komposisi dari jumlah uang tebusan terbagi dari uang tebusan orang pribadi non UMKM sebesar Rp665 miliar, OP UMKM sebesar Rp56 miliar, badan non umkm sebesar Rp138 miliar, dan badan UMKM sebesar Rp2,93 miliar.

komposisi harta

Hal tersebut disebabkan karena peminat tax amnesty masih minim. Pada saat sosialisasi mengenai pengampunan pajak yang diselenggarakan oleh pemerintah dan dunia  usaha, peserta yang hadir sekitar 20 ribu orang. Namun, kenyataannya yang mengikuti program pengampunan pajak ini hanya sekitar 7.080 orang. Menurut Ketua Umum Kadin Indonesia, para wajib pajak masih menunggu waktu yang tepat untuk ikut berpartisipasi dalam program pengampunan pajak (tax amnesty). Selain itu, upaya dari negara-negara surga pajak menawarkan pembayaran tebusan deklarasi juga menjadi faktor penghambat. Hasil dari program ini tidak akan optimal jika seluruh lapisan masyarakat tidak turut campur tangan dan ikut serta dalam program ini. Jika sampai 2018 masih tidak dideklarasikan, maka program ini akan beralih dari pengampunan menjadi hukuman.

Tugas yang paling berat bagi pemerintah mengenai program pengampunan pajak saat ini adalah dalam hal sosialisasi. Menurut ‎Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati, pemerintah ingin mendapatkan kepercayaan publik agar dapat mengelola sumber dana dari luar negeri yang dibawa masuk ke Indonesia untuk menjadi sumber pendanaan bagi pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Amnesti pajak dinilai akan memberikan dampak positif terhadap perekonomian Indonesia. Sebagai contohnya, amnesti pajak membuat pemerintah optimis akan tercapainya pertumbuhan ekonomi tahun 2017. Amnesti pajak dapat meningkatkan perekonomian Indonesia karena amnesti pajak dinilai dapat meningkatkan rasio pajak. Dengan masuknya dana deklarasi dan repatriasi, pendapatan negara akan meningkat. Amnesti pajak adalah strategi untuk merebut kembali dana investasi milik warga negara Indonesia yang berada di luar negeri. Melalui amnesti pajak, investor Indonesia setidaknya melakukan pengakuan terhadap aset mereka.

Amnesti pajak juga sangat berpengaruh pada penguatan nilai rupiah ditengah-tengah kondisi perekonomian global yang sedang mengalami pergejolakan. Saat ini, hampir seluruh negara sedang gencar-gencarnya melakukan usaha untuk melakukan capital inflow, untuk memperbaiki keadaan ekonomi di negara tersebut. Capital inflow adalah pemasukan arus modal dan investasi ke suatu negara. Di Indonesia, salah satu cara untuk mendapatkan pemasukan arus modal ke dalam negeri adalah dengan amnesti pajak. Melalui program ini, setidaknya aset investor WNI yang ada di luar dapat ditarik ke dalam negeri atau setidaknya ada pengakuan terhadap aset tersebut.

Amnesti pajak juga menjadi penopang bagi properti di Indonesia, setelah adanya kelonggaran terhadap kebijakan ketentuan rasio kredit terhadap nilai agunan (LTV) untuk kredit kepemilikan rumah dan rasio kredit terhadap pendanaan (LFR). Bisnis properti merupakan salah satu bisnis yang berkembang di Indonesia. Dengan adanya amnesti pajak, investor akan menanamkan modalnya yang berasal dari dana repatriasi pada sektor properti. Tidak hanya sektor properti, banyak bank di Indonesia telah mencicipi dampak dari amnesti pajak. Amnesti pajak memberikan dampak yang baik terhadap likuiditas perbankan. Karena adanya pencairan dana yang berasal dari amnesti pajak, kredit perbankan dapat meningkat, begitu juga dengan tingkat deposito. Selain sektor properti dan perbankan, masih banyak lagi sektor yang akan dipengaruhi oleh dampak baik amnesti pajak.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *